Jika Anda telah menikmati keindahan alam tempat wisata Aceh, Anda dapat meningkatkan perjalanan Anda dengan membeli oleh-oleh khas Aceh yang menarik. Liburan di ujung Barat Indonesia akan sempurna dengan buah tangan Aceh ini. Anda dapat membawa barang-barang kerajinan tangan, makanan ringan, hingga produk budaya khas Aceh yang unik.

Supaya Anda tidak bingung memilih apa yang harus Anda bawa pulang dari liburan, kami telah mengumpulkan 8 pilihan oleh-oleh khas Aceh yang harus Anda coba.

1. Kopi Gayo Aceh

Kopi Gayo Aceh dikenal karena ditanam di ketinggian yang tinggi dan diproses secara tradisional. Ini dikenal dengan cita rasanya yang unik, yang memiliki keasaman yang seimbang, aroma yang kuat, dan cita rasa yang kompleks dengan sentuhan buah-buahan dan coklat.

Baca Juga : Menjelajahi Keindahan Wisata Banda Aceh: Destinasi dan Sejarah

Kopi Gayo Aceh adalah salah satu kopi terkenal yang berasal dari daerah Gayo di Provinsi Aceh. Harga kopi Gayo bervariasi tergantung pada kualitas biji kopi, dan dapat berkisar antara Rp 50.000 dan Rp 200.000 per 250 gram, tergantung pada kualitas, tingkat pemanggangan, dan lokasi pembelian.

2. Keripik Singkong

Salah satu makanan khas Aceh yang sangat disukai adalah keripik singkong. Makanan ini terbuat dari irisan singkong tipis yang digoreng hingga kering dan renyah. Seringkali, keripik singkong tersedia dalam berbagai rasa, seperti pedas, manis, atau asin, memberikan penikmat pilihan rasa. Harga keripik singkong dapat bervariasi dari Rp 10.000 hingga Rp 30.000 per kemasan, tergantung pada jenis rasa dan ukuran kemasan, serta merek dan lokasi pembelian.

3. Dodol Aceh

Dodol Aceh adalah makanan tradisional yang dibuat dari beras ketan, santan, gula aren, dan bumbu lainnya yang dimasak hingga menjadi bentuk kental dan padat. Tekstur dodol kenyal dan manis dengan bau santan yang khas. Biasanya disajikan dalam bentuk gulungan atau potongan kotak. Harga dodol Aceh dapat bervariasi dari sekitar Rp 15.000 hingga Rp 50.000 per bungkus, tergantung pada merek dan lokasi penjualan. Wisatawan ke Aceh sering menyukai dodol, oleh-oleh khas Aceh.

4. Batik Aceh

Batik Aceh adalah seni kain tradisional yang menggambarkan kekayaan budaya dan motif unik Aceh. Motif batik Aceh sering menggambarkan alam, kehidupan sehari-hari, dan nilai-nilai budaya yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. 

Biasanya, batik ini dibuat dengan teknik pewarnaan dan cetakan tertentu, yang menunjukkan ketelitian dan keindahan yang luar biasa. Harga batik Aceh sangat bervariasi tergantung pada kualitas kain, desain motif, dan seberapa sulit dibuat. Untuk kain batik yang lebih kompleks dan artistik, harga dapat berkisar dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

5. Kerajinan Anyaman

Kerajinan anyaman Aceh menunjukkan keahlian tangan yang luar biasa. Kerajinan anyaman ini biasanya terbuat dari daun pandan atau mendong dan digunakan untuk membuat tikar, topi, tas, dan barang rumah tangga lainnya. Kerajinan anyaman unik karena motif tradisional yang dianyam secara manual, yang menunjukkan keindahan dan kehalusan karya seni. 

Harga kerajinan anyaman bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan kerumitan motif, dan dapat berkisar dari beberapa puluh ribu hingga ratusan ribu rupiah untuk setiap produk.

6. Pisang Sale

Pisang sale, jajanan tradisional Aceh, terbuat dari pisang yang dipotong tipis dan kemudian diasinkan. Pisang sale sering dibentuk menjadi lembaran tipis dan renyah, yang membuatnya menjadi camilan yang disukai banyak orang karena teksturnya yang unik. Harga pisang yang dijual berkisar antara Rp 5.000 dan Rp 20.000 per bungkus, tergantung pada ukuran, kuantitas, dan lokasi pembelian.

Baca Juga : Menikmati Wisata di Aceh dengan Keindahan Alam yang Luar Biasa

7. Gulai Pliek U

Gulai Pliek U adalah makanan khas Aceh yang sangat lezat. Bumbu khas untuk gulai ini adalah serai, lengkuas, ketumbar, kunyit, dan serai yang dicampur dengan daging sapi atau kambing. Pecinta kuliner menyukai gulai Pliek U karena rasanya yang gurih dan aromanya yang kuat. Harga gulai Pliek U di restoran bervariasi tergantung pada jenis daging yang digunakan, ukuran porsi, dan lokasinya, dan berkisar antara Rp 30.000 dan Rp 70.000 per porsi.

8. Bika Aceh

Bika Aceh adalah kue tradisional khas Aceh yang terbuat dari campuran tepung beras, gula, dan kelapa parut. Memiliki tekstur lembut dan manis, dan aroma kelapa yang khas membuatnya terasa seperti buah kelapa. Biasanya, lapisan dalam bika Aceh lembut dan lapisan atasnya kecoklatan. 

Harga Bika Aceh dapat bervariasi dari sekitar Rp 15.000 hingga Rp 50.000 per kue, tergantung pada lokasi dan kualitasnya. Wisatawan Aceh sering menyukai bika Aceh sebagai oleh-oleh dan makanan khas.

Demikianlah list pilihan oleh-oleh khas aceh yang bisa adventurius berikan untuk Anda. Dengan berbagai rasa yang ditawarkan oleh oleh-oleh Aceh, mereka tidak hanya memanjakan lidah tetapi juga menunjukkan kekayaan budaya yang luar biasa dari wilayah tersebut. Setiap oleh-oleh memiliki kelezatan dan keunikan tersendiri, yang dapat menjadi kenangan manis dari liburan yang tak terlupakan di Aceh, negara yang kaya akan tradisi dan keindahan alamnya.